Selamat Datang

Terima kasih sudah mau berkunjung ke blog ini. Semoga isinya dapat membantu Anda dan bermanfaat.

Selasa, 30 Oktober 2012

KELAKAI (Stenochlaena palustris)


Klasifikasi :
Domain           : Eukaryota

Kingdom         : Plantae
Divisio             : Pteridophyta
Phylum            : Tracheophyta 
Subphylum      : Euphyllophytina 
Infraphylum    : Moniliformopses

Class                : Filicopsida 
Ordo                : Filicales

Family             : Blechnaceae
Genus              : Stenochlaena 
Spesises           : Stenochlaena palustris (Burm.) Bedd.


Pengertian :
Kelakai merupakan tanaman jenis paku-pakuan yang biasa ditemukan di daerah rawa. Tumbuhan paku dalam hidupnya dapat bereproduksi secara aseksual dengan pembentukan gemmae dan reproduksi seksual dengan peleburan gamet jantan dan gamet betina. Dalam siklus hidup (metagenesis) terdapat fase sporofit, yaitu tumbuhan paku sendiri. Fase sporofit pada metagenesis tumbuhan paku memiliki sifat lebih dominan daripada fase gametofitnya. Memiliki klorofil sehingga cara hidupnya hidupnya fotoautotrof.

Anatomi :
Epidermis tumbuhan paku mempunyai lapisan kutikula.  Baik pada akar, batang, dan daun, secara anatomi sudah memiliki berkas pembuluh angkut, yaitu xilem yang berfungsi mengangkut air dan garam mineral dari akar menuju daun untuk proses fotosintesis, dan floem yang berfungsi mengedarkan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh tumbuhan. Memiliki trakeida dan berkayunya dinding-dinding trakeida, menambah kekuatan untuk mendukung tunas-tunas, sehingga tumbuhan paku berlainan dengan lumut (Tjitrosoepomo, 2009).

Morfologi :
Kelakai merupakan paku tanah, yang memiliki panjang 5-10 m dengan akar rimpang yang memanjat tinggi, kuat, pipih, persegi, telanjang atau bersisik kerapkali dengan tubas yang merayap, tumbuhnya secara perlahan atau epifit dengan akar utama berada di tanah. Daun kelakai menyirip tunggal, dan dimorph. Tangkai daun tumbuhan kelakai berukuran 10-20 cm, yang cukup kuat. Daunnya steril, 30-200 x 20-50 cm, kuat, mengkilat, gundul, yang muda kerap kali berwarna keungu-unguan; anak daunnya banyak, bertangkai pendek, berbentuk  lanset, dengan lebar 1,5-4 cm, meruncing denan kaki lacip baji atau membulat, kedua sisi tidak sama, diatas kaki begerigi tajam dan halus, yrat daun berjarak lebar, anak daun fertil lebarnya 2-5 mm (Hessler et al., 2000).
(Sutomo dkk, 2010)

Fisiologi :
Kandungan metabolit sekunder tanaman kelakai yakni hasil pengukuran sampel daun dan batang yaitu untuk kadar air 8,56% dan 7,28%, kadar abu 10,37% dan 9,19%, kadar serat kasar 1,93% dan 3,19%, kadar protein 11,48% dan 1,89%, kadar lemak 2,63% dan 1,37%. Hasil analisis mineral Ca lebih tinggi di daun dibandingkan batang yaitu 182,07 mg per 100 g, demikian pula dengan Fe tertinggi 291,32 mg per100 g. Hasil analisis vitamin C tertinggi terdapat di batang 264 mg per 10 g dan vitamin A tertinggi terdapat di daun 26976,29 ppm. Kandungan fitokimia flavonoid, alkaloid dan steroid tertinggi terdapat pada batang ,sebesar 3,010%, 3,817% dan 2,583%. Senyawa bioaktif yang paling dominan adalah alkaloid. Berdasarkan hasil analisis, Kalakai dapat dijadikan pangan fungsional (Maulidya dkk., 2006).

Ekologi :
Kelakai hidup di daerah  tanah  gambut, air tawar dan  hutan belukar. Tanaman tersebut banyak dijumpai di Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan yang memiliki struktur tanah  gambut. Habitat tanaman kelakai ini memang di daerah yang basah dan tergenang (Sutomo dkk, 2010). Tanaman cukup mudah berkembang dan bila dibiarkan akan menutupi area yang cukup luas.
Cara penyebaran kelakai dengan tunas dan sulur serta spora.

Fungsi:
Tanaman ini memiliki banyak khasiat, seperti antidiare. Selain itu, juga dipercayai oleh masyarakat Dayak sebagai obat penambah darah serta obat awet muda. Tidak lupa juga, pucuk muda kelakai ini adalah bahan masakan yang cukup lezat. Menariknya, tumbuhan yang kerap dijadikan sayur itu memiliki manfaat unik. Kalakai ternyata dapat menunda proses penuaan manusia. Berdasarkan studi empirik, diketahui bahwa kalakai dipergunakan oleh masyarakat suku Dayak Kenyah untuk mengobati anemia, pereda demam, mengobati sakit kulit, serta sebagai obat awet muda (Sutomo dkk., 2010).

Manfaat pengelolahan :
Dalam kehidupan sehari-hari, tumbuhan paku juga berperan dalam kehidupan, antara lain:
a. Sebagai tanaman hias,.
b. Sebagai tanaman obat,
c. Sebagai bingkai dalam karangan bunga.
d. Sebagai pupuk hijau.
e. Sebagai sayuran, 



MIFTAHUL JANNAH (J1C109042) 

6 komentar:

  1. Terimakasih banyak atas tulisan ilmiah anda tentang KELAKAI. Sangat menambah wawasan.

    BalasHapus
  2. terimakasih atas tulisannya, saya cukup terbantu atas tulisannya tetapi apakah saya boleh tau sumber dari tulisan ini sebagai referensi saya?

    BalasHapus
  3. terima kasih atas pemberi pengetahuan yang lebih luas dan alangkap baiknya kalau diserta foto-foto

    BalasHapus
  4. Apa ada lagi selain ini tapi family nya sama

    BalasHapus
  5. Makasih banget kak,sangat membantu

    BalasHapus